Menghadapi yang Cemburuan

1. Memahami kondisinya dan berikan penjelasan
Tanyakan pada kekasih Anda apa yang membuat ia cemburu. Jabarkan apa saja yang membuatnya cemburu, mulai dari situasi paling berat hingga paling ringan. Jelaskan padanya dengan kelembutan tanpa emosi, buat penjelasan Anda masuk akal sehingga ia mengerti dan memahaminya.


2. Buatlah ia merasa berharga
Salah satu hal yang membuat cemburu adalah ketidakpercayaan diri. Buatlah ia merasa berharga, kenalkan ia dengan teman-teman Anda, kalau perlu puji dia di hadapan teman-teman Anda. Dengan begitu ia merasa lebih PD (percaya diri) dan kekasih Anda bisa kenal dengan teman-teman Anda sehingga ia lebih mempercayai Anda.

3. Terbuka dengannya
Ceritakanlah kegiatan Anda sehari-hari, ceritakan kegiatan Anda saat tak bersamanya. Jangan lupa untuk selalu memberi kabar kepadanya dan dengan siapa Anda pergi. Yang terpenting jangan membuat si dia merasa khawatir dengan siapa Anda di luar sana. Bisa-bisa bila Anda tak mengabarinya,ia akan berpikir Anda sedang mencoba membohonginya.

4. Tidak perlu membuatnya cemburu
Jangan memancing emosinya dengan menceritakan orang lain yang lebih baik darinya. Hal ini hanya akan membuat cemburunya semakin menjadi-jadi.

- Sabar.
Poin pertama ini menurut saya merupakan hal yang utama. Dengan lebih mengerti karakter si doi, secara tidak langsung kamu seharusnya sudah bisa lebih bersabar ketika doi merasa cemburu.

- Bersifat lebih peka.
Ketika kamu melihat/merasa bahwa sebenarnya doi merasa cemburu, cobalah untuk mengesampingkan rasa egois kamu dengan bersifat lebih peka. Dalam hal ini, sederhananya kamu memang harus benar-benar menghindari hal-hal yang bisa memicu rasa cemburu si doi. Misalnya, jika doi tidak suka kamu bercanda terlalu berlebih dengan orang lain (lawan jenis lho), maka berusahalah untuk tidak melakukannya.

- Berikan pengertian.
Sebelum rasa cemburu berakhir pada pertengkaran, ada baiknya kamu berusaha untuk memberikan pengertian. “Masa iya sih aku suka sama dia..?!”, “Cuma kamu yang ada di hatiku, nggak bakalan kecantol sama yang lain dehh..”, “Dia itu temen aku lho..”, atau “Dia itu sudah seperti kakak bagi aku..”, bla bla bla masih banyak contoh lainnya. Intinya, dengan memberikan pengertian sama si doi, kamu sudah mencoba untuk menumbuhkan rasa percaya dia terhadap diri kamu bahwa kamu memang benar-benar mencintainya dan tak akan berpaling darinya.

- Berusaha menjadi lebih dewasa.
Menjadi lebih dewasa (dibandingkan) dari doi bisa menjadi senjata ampuh ketika kamu sedang berusaha untuk membuat si doi tidak cemburu, bahkan ketika kamu lagi bertengkar hebat hanya karena rasa cemburu. Mendengarkan penjelasannya sambil tenang dan mengalah, akan lebih baik daripada kamu hanya sekedar diam. Ketika sedang perang mulut karena cemburu buta, berusahalah menenangkannya dengan bersikap lebih dewasa darinya. Sekalipun kamu lagi fine-fine aja, dengan menjadi lebih dewasa kamu bisa menghindari rasa cemburu si doi dalam situasi tertentu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar